7 Bahaya yang timbul jika mengkonsumsi sayur kangkung terlalu banyak

Kangkung selain memiliki banyak manfaat juga memiliki bahaya jika mengkonsumsi terlalu banyak, selama kita dapat mengolahnya dengan benar dan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan dapak buruk tersebut tidak akan terjadi.

Berikut ini 7 bahaya yang ditimbulkan jika mengkonsumsi kangkung terlalu banyak:

1. Dapat menyebabkan diare
Sayuran yang telah tercuci bersih masih terdapat mikroorganisme, bakteri , cacing dll yang melekat pada daun. ini yang menyebabkan timbulnya penyakit diare, Ada beberapa jenis mikroba yang bisa bertahan hidup pada temperature panas 100 derajat celcius dalam waktu 20 menit. Untuk itu masaklah kangkung hingga mencapai lebih dari 20 menit agar bakteri-bakteri yang masih menempel mati sehingga sayuran aman untuk dimakan dan anda tidak terserang sakit. Bakteri telur cacing dan mikroorganisme lain dapat berkembangbiak dan merusak jaringan  usus dan lambung akhirnya menjadi penyebab terjadinya penyakit diare.

2. Dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh
Sayaur kangkung yang dimasak dengan menggunakan minyak jelantah atau minyak yang telah berulang-ulang kali terpakai untuk menggoreng bahan lain itu akan lebih berbahaya, karena telah tercemar dengan lemak trans yang bisa melukai dinding pada pembuluh darahdan menyebabkan penyumbatan arteri yang nantinya memicu munculnya penambahan kolesterol, jika dalam jangka panjang dapat menimbulkan stroke.

3. Dapat menyebabkan mudah mengantuk
Berlebihan mengkonsumsi kangkung dapat memicu rasa kantuk dan berkurangnya konsentrasi. Ini disebabkan kandungan zat kaliumnya yang tinggi, sehingga dapat mengendalikan kinerja syaraf-syaraf bagian kepala menjadi lebih rileks dan santai sehingga seseorang menjadi mudah menguap dan mengantuk.

4. Dapat meningkatnya asam urat
Apabila sayur kangkung dikonsumsi secara berlebih oleh seseorang yang memiliki riwayat penyakit asam urat maka akan lebih rentan mengalami peningkatan asam urat 6 kali lipat dibandingkan orang yang belum mengalami penyakit tersebut. Zat purin yang terkandung dalam kangkung sangat tinggi sehingga mudah menyebabkan penumpukan asam urat disela-sela sendi. Untuk itu bagi yang belum terkena asam urat sebaiknya jangan mengkonsumsi kangkung secara berlebihan agar terhindar dari bahaya asam urat yang disebabkan oleh berlebihnya mengkonsumsi sayur kangkung.

5. Dapat menyebabkan sakit kepala dan kejang-kejang
Penggunaan penyedap rasa yang berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kualitas nutrisi kangkung menjadi berkurang sehingga rentan menyebabkan munculnya bahaya sayur kangkung berupa munculnya sakit kepala, Kejang kejang dan penurunan kesadaran.

6. Dapat menimbulkan alergi
Pada sebagian orang sayur kangkung dapat menyebabkan munculnya alergi berupa ruam ruam kemerahan dan gatal gatal. Kondisi alergi hanya akan terjadi pada orang orang yang memiliki sensitifitas terhadap zat natrium atau kalium.

7. Dapat menyebabkan keracunan
Jika anda menyukai kangkung air berhati hatilah karena berpotensi mengandung bahan kimia logam hasil dari limbah rumah tangga atau industri yang biasanya terdapat pada tanah berair, Sungai atau kali , tanah lembab berlumpur dan pada bebatuan dimana kangkung air biasa tumbuh. jika terserap oleh tanaman kangkung maka besar kemungkinan bahaya sayur kangkung diakibatkan karena kangkung telah terkontiminasi logam logam berbahaya jenis mercury (Hg), Arsen (As), Tembaga (Cu), Seng (Zn) dan nikel (Ni).

Sisa limbah tersebut berpotensi menyebabkan keracunan jika masuk dalam aliran darah dan organ tubuh lain dengan kadar yang tinggi. Keracunan dapat diawali dengan mual , Muntah, Kepala pusing dan sakit perut.

BACA :
 7 Manfaat mengkonsumsi Sayur Kangkung yang wajib kamu ketahui
Cara Menanam Kangkung Hidroponik Dengan Baskom Mudah

1 komentar:

  1. Wah, saya mengkonsumsi kangkung justru mengacu pada poin nomor 3 dengan alasan insomnia yg akrab mendampingi. Tapi dampak negatif lainnya ternyata ngeri juga ya. Hemmm

    BalasHapus

Gambar tema oleh simonox. Diberdayakan oleh Blogger.